Dalam rangka mencapai standar mutu tertinggi yang bermuara pada capaian karakter dan kompetensi lulusan sesuai visi Kabupaten Malang, SMP Negeri 1 Turen mempunyai visi yang menekankan komitmen untuk menciptakan lingkungan pendidikan berkualitas. Fokus utama sekolah adalah pengembangan karakter, prestasi akademik, dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan global.


    Visi Sekolah

    “Terwujudnya peserta didik yang BERLIAN guna menghasilkan lulusan yang Religius, Nasionalis, Cerdas, dan Kompetitif.”

    Filosofi “BERLIAN”

    Konsep BERLIAN dirumuskan untuk memotivasi seluruh warga sekolah dalam mencapai standar mutu tertinggi. Konsep ini mencakup tujuh aspek penting sebagai landasan utama:

    • B – Berprestasi
    • E – Etos
    • R – Responsif
    • L – Literatif
    • I – Istimewa
    • A – Agamis
    • N – Nasionalis

    Misi Utama

    Untuk mewujudkan visi tersebut, SMP Negeri 1 Turen menetapkan langkah-langkah strategis melalui misi sebagai berikut:

    1. Pendidikan Karakter & Religius: Menyelenggarakan pendidikan agama melalui proses habituasi ibadah sesuai dengan keyakinan peserta didik, pendidikan moral, dan penanaman sikap toleransi untuk membentuk karakter dan lingkungan sekolah yang religious dan menghargai keberagaman.
    2. Wawasan Kebangsaan: Menyelenggarakan pendidikan wawasan kebangsaan dengan menginternalisasikan nilai-nilai cinta tanah air, persatuan, dan penghormatan terhadap keragaman budaya bangsa dalam setiap aspek pembelajaran untuk menumbuhkan jiwa Nasionalis.
    3. Budaya Etos Kerja: Membangun budaya sekolah yang menumbuhkan karakter etos melalui penanaman disiplin, tanggung jawab, dan kerja keras yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.
    4. Pembelajaran Inovatif: Menyelenggarakan pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler yang berpusat pada siswa berdasarkan kurikulum dan menggunakan Kurikulum Plus untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, serta menumbuhkan semangat berprestasi.
    5. Budaya Literasi: Mengintegrasikan budaya literatif dalam seluruh kegiatan sekolah untuk melatih siswa mengolah informasi secara cerdas, bijaksana, dan bertanggung jawab.
    6. Pengembangan Bakat Istimewa: Memfasilitasi pengembangan potensi istimewa setiap siswa melalui program ekstrakurikuler dan bimbingan yang variatif dan relevan dalam rangka menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik secara optimal dan terukur.
    7. Adaptif Terhadap IPTEK: Menerapkan kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi (IPTEK), dan isu-isu lingkungan untuk menciptakan lulusan yang proaktif dan berdaya saing.